Laman

Pemodelan Dan Simulasi Sistem

Pemodelan merupakan kata dasar dari kata Model yang artinya abstraksi dari realitas, pada wujudnya kurang kompleks daripada realitas itu sendiri. Model dikatakan lengkap apabila dapat mewakili berbagai aspek dari realitas yang sedang dikaji. Contoh : Boneka merupakan model dari bentuk makhluk hidup.

Simulasi merupakan suatu teknik meniru operasi-operasi atau proses-proses yang terjadi dalam suatu sistem dengan bantuan perangkat komputer dan dilandasi oleh beberapa asumsi tertentu sehingga sistem tersebut bisa dipelajari secara ilmiah (Law and Kelton, 1991). Simulasi merupakan alat yang tepat untuk digunakan terutama jika diharuskan untuk melakukan eksperimen dalam rangka mencari komentar terbaik dari komponen-komponen sistem.
Sistem merupakan kumpulan objek yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan logis dalam suatu lingkungan yang kompleks. Ada beberapa cara untuk merancang, menganalisis dan mengoperasikan suatu sistem. Salah satu dengan melakukan pemodelan, membuat model dari sistem tersebut.
Dalam sistem terdapat 2 model yaitu : 
  • Model Konseptual
  • Model Matematis.

Simulasi Monte Carlo

Monte Carlo  merupakan tipe simulasi probalistik untuk mencaari penyelesaian masalah dengan sampling dari proses random. Langkah - Langkahnya :
  1. Menetapkan distribusi probabilistik untuk variabel-variabel utama. probabilistik/frek relatif untuk setiap hasil yang mungkin dari sebua variabel didapatkan dengan membagi frekuensi observasi dengan total jumlah observasi.
  2. Menetapkan distribusi komulatif untuk setiap variabel.
  3. Menentukan interval dari bilangan-bilangan acak untuk setiap variabel.
  4. Membangkitkan bilangan acak untuk simulasi
  5. Menjalankan simulasi dari serangkaian percobaan 



OLEH : Luh Putu Ayu Prapitasari, M.Sc

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar